Atasi Stress dengan Bermain Game Solitaire.org

by Jamilatul Istiqomah, Juni 09, 2023

 Atasi Stress dengan Bermain Game Solitaire.org



Usia Rentan Stress adalah Usia Dewasa Muda 



Tahukah kalian guys? Psikolog Tara de Thouars dalam acara “Pentingnya Melepas Penat Sejenak di Sela Kesibukan Sehari-hari” di Cafe Dia.Lo.Gue, Kemang, Jakarta 2018 lalu mengungkapkan bahwa usia rentan stress jatuh pada usia dewasa muda yakni usia 20-29 tahun. 


Pada usia tersebut stress dialami cenderung dipengaruhi tuntutan hidup yang ingin dicapai, banyaknya tanggung jawab yang harus dikerjakan, ada banyak yg harus dikejar, dihadapi, dan ingin diketahui. 


Banyaknya hal-hal baru yang ingin dipelajari, seringkali memicu stres. Rasa kewalahan, cepat lelah, bosan, sesak dada, dan pusing sering menghampiri. Terlebih struggle dan hambatan sulit dihadapi. Butuh energi lebih juga untuk menghadapi hal tersebut.


Sepakat dengan Tara de Thouars, memang yang aku alami ini memang rentan dengan stress atau burnout. Sebagai working mom yang memiliki banyak tanggung jawab. Ada tanggung jawab penuh terhadap anak di setiap perkembangannya. Ada juga tanggung jawab  pada tugas pekerjaan. 


Butuhnya energi untuk menjadi orang tua bagi anaknya dan tetap cemerlang dalam bekerja. Dan yakinlah semua itu mampu terlaksana tanpa mengorbankan salah satunya.


Namun, sebagai working mom harus bisa mengurangi stress dengan cara masing-masing sesuai porsinya. Ada yang melakukan me time atau self-care ngegym, treatment, berenang, olahraga, shopping atau bahkan bermain game.


Ya meskipun sudah menjadi seorang mom ya guys main game pun juga gak masalah kan? Walau kelihatannya aneh di kalangan ibu-ibu. Namun yang merasakan stress, lelah, penat dan burnout itu kita sendiri. Jadi ya abaikan saja kalau ada yang bilang “Apaan sih sudah emak-emak kok main game”. Terpenting kita bisa menghilangkan stress kan ya hehhe. 


Main game tak hanya untuk kalangan anak-anak atau remaja saja ya guys. Pssst kayak aku ini nih jurus ampuh ngilangin stress dengan cara main game. Walau kadang dipandang sebelah mata, main game nyatanya sudah aku buktikan bisa ngilangin stress loh. Akan tetapi, main game nya ya diluar dari jadwal aktivitas pekerjaan atau rumah ya.



Menghilangkan Stress dengan Bermain Game 


Pada umumnya menganggap orang bermain game hanyalah buang-buang waktu dan membuat orang menjadi malas melakukan aktivitas. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa bermain game disesuaikan dengan kegiatan ya, jadi pastikan tidak mengganggu dengan pekerjaan rumah atau pekerjaan. Alih-alih main game ngilangin stress, jangan sampai malah bikin stress ya guys.   


Selain itu aku juga tidak asal memilih sembarang game buat ngilangin stress. Mau tahu game yang aku mainkan? Nah, aku itu seringkali aku gunakan adalah game Solitaire.org 


Apa itu Game Solitaire.org?


 Kebanyakan orang mengenal game Solitaire.org adalah game kartu remi. Game ini cara untuk memenangkannya dengan menyusun nomor kartu dari besar ke kecil dengan berselang warna merah hitam. 


Game ini terbilang sudah legend ya guys. Sebab usianya lebih dari 3 dasawarsa. Meskipun terbilang tua, jangan sangka gak punya penggemar ya. Malah penggemarnya ada 35 juta orang. Keren kan?


Saking banyaknya penggemar jadi gak asing deh dengan game tersebut. Game solitaire.org merupakan game bawaan dari sistem operasi Microsoft Windows. Ketika menginstal windows ke komputer, maka game tersebut akan terinstal secara otomatis juga.


Setelah aku jelasin game bawaan Microsoft Windows dan terkadang disebut game kartu remi. Kalian langsung kebayang game nya kayak apa kan? 


Bagi kalian yang pernah pegang komputer pada tahun 90 dan 2000an, pasti deh pernah nyobain game bawaan Microsoft Windows ini. 


Eh, aku kasih tahu lagi penciptaan Solitaire ini ada misi nya loh. Pada waktu itu, orang belum terbiasa dengan penggunaan mouse. Jadi masa awal game Solitaire muncul, pemain secara otomatis belajar menggunakan mouse. Dengan klik kanan dan klik kiri, arahkan mouse drag & drop juga. Otomatis pemain akan terbiasa dalam penggunaan mouse.


Solitaire.org Menyediakan Banyak Kategori



Kalau sekarang, Solitaire https://www.solitaire.org/ bisa dimainkan di Solitaire versi web yang tersedia 7 kategori game. Terdapat banyak game favorit di setiap kategori game. Penasaran apa saja kategori game nya? hehe 


  1. Solitaire

Game Solitaire https://www.solitaire.org/solitaire-games/ ini biasa disebut dengan kartu remi. Cara mainnya dengan mengurutkan kartu. Kategori game ini ada game Classic, Klondike, Spider, FreeCell, Pyramid, Tripeaks, dan Golf.


  1. Card

List game Card https://www.solitaire.org/card-games/ ini ada Blackjack Crazy Eights Euchre Gin Rummy Hearts Spite & Malice. Cara main game nya hampir sama dengan Solitaire.


  1. Mahjong

Game Mahjong https://www.solitaire.org/mahjong-games/ animal connection mahjong, cooking mahjong, halloween mahjong, dan game lainnya tersedia pada kategori game ini. Cara mainnya dengan cara mencocokkan. 


  1. Hidden Object

Castle, China, Circus, Garden, Hotel, Kitchen, Pirate, and Princess adalah list game dari Hidden Object https://www.solitaire.org/hidden-object-games/.  Cara mainnya itu seperti judulnya yaitu mencari objek tersembunyi di dalam gambar.


  1. Match 3

 Di kategori Match 3 https://www.solitaire.org/match-3-games/ ada Candy Fiesta, Candy House, Same Game, Treasure of Atlantis, Zuma Ball, dan Zuma Legend. 


  1. Logic Puzzle

Logic Puzzle https://www.solitaire.org/logic-puzzle-games/ memiliki list game diantaranya adalah Battleships, Chess, Crossword, Minesweeper, Nonograms, Sokoban, Sudoku, dan Tetra Blocks. Namanya juga puzzle ya, jadi cara mainnya sama dengan puzzle pada umumnya.


  1. Word

Dalam game ini https://www.solitaire.org/word-games/ ada Crossword, Word Search, Letter Logic, Letter Scramble, dan Wordoku. Game ini cocok banget buat belajar bahasa Inggris karena cara mainnya itu teka-teki silang dalam bahasa Inggris.



Ada 4 Game Solitaire Favoritku

 Sebelum memainkan game, tentunya kita harus melihat peraturannya ya. Biar memenangkan game, alangkah baiknya kita pahami peraturannya, pasang strategi, dan fokus. Nah berikut 6 game Solitaire favoritku sebagai berikut: 


  1. Hidden Kitchen




Game https://www.solitaire.org/hidden-kitchen/ merupakan permainan mencari benda yang tersembunyi. Bagian kanan itu benda yang harus dicari di dapur. Klik benda di dapur untuk memilihnya kita harus teliti dengan cara zoom in dan zoom out. Kalau aku biar cepet naik level, aku cari barang dengan warna atau bentuk unik yang terlihat dulu, lalu cari barang yang sulit. 

Setelah menyelesaikan misi mencari benda yang tersembunyi di dapur, itu berarti menyelesaikan juga tiap level. Nah, setelah itu akan diarahkan untuk lanjut level berikutnya. Game ini memiliki 10 level dengan waktu tertentu yang mengharuskan kita mengalahkan tiap levelnya. Jika level tidak selesai tepat waktu, kita dapat mengulanginya lagi. 



  1. Word Search 



Sesuai dengan namanya, game https://www.solitaire.org/daily-word-search/  ini mencari kata yang disediakan di bagian kiri. Ada daftar kata untuk ditemukan. Kemudian setelah kita menemukan kata tersebut, secara otomatis akan hilang di daftar kata. Ada kata baru yang akan menggantikannya, terdapat 10 kata pertama yang ditampilkan di bagian kiri. Ketika sudah ketemu satu kata, otomatis akan hilang, lalu digantikan kata berikutnya, begitu terus sampai daftar kata nya habis.


 Eits, jangan kira mudah ya guys, tinggal cari lalu seret kata. Kata-katanya menggunakan bahasa Inggris ya. Tapi kata-kata tiap huruf bisa muncul dalam teka-teki maju, mundur, atas, bawah, miring, atau diagonal yang disorot dengan warna hijau. 


Aku lumayan butuh waktu yang cukup lama untuk mencari kata tersebut. Dikarenakan kata asing dan tiap kata dibaca dari beda arah. Tapi seru sih ehehhe

 

  1. Cooking Mahjong



Cooking Mahjong https://www.solitaire.org/cooking-mahjong/ merupakan game yang mengkombinasikan antar resep yang disediakan pada bagian atas. Menurutku game ini strateginya kita harus hafal resep di beberapa masakan. Kemudian resep tersebut dikombinasikan. Jika sesuai maka akan lanjut ke resep selanjutnya sampai habis. 


Game ini ada 25 level, setiap levelnya akan menantang kita ya guys. Semakin naik level, maka semakin bertambah pula tantangannya. Game nya simple dan asyik loh guys.



  1. Mahjong 3D



Pada game https://www.solitaire.org/mahjong-3d/ Mahjong 3D memiliki 40 level. Cara memainkan game nya dengan menyamakan balok 3D nya. Meski terlihat mudah, tapi terbilang sulit karena ada batasan waktu yang ditentukan. Kalau kalah cepat ya pasti game over alias kalah. Kita harus mencari balok 3D yang sama di bagian pinggir dan balok bagian belakang. Selain itu banyak balok yang mengecoh, terlihat hampir mirip ternyata beda.



Atasi Stress dengan Bermain Game di Solitaire.org


Game nya simple, asyik, seru dan santai. Cocok banget buat nemenin ketika lagi stress atau burnout deh. Bisa dimainkan dengan laptop ataupun handphone. Tentunya bisa dimainkan dimanapun berada hehe 


Yakin gak penasaran sama game di Solitaire.org atau yakin nih gak pengen nyobain game nya buat bantuin ngilangin stress ???? hehe 



SHARE 3 comments

Add your comment

© www.katajamila.com about another home of my mind · Designed by Sahabat Hosting