Tips Atasi Drama Anak Susah Makan

in , , by Jamilatul Istiqomah, Februari 15, 2022
Tips Atasi Drama Anak Susah Makan

Seringkali orangtua khawatir begitu meladeni buah hatinya tidak nafsu makan. Bahkan beberapa cara sudah dilakukan, namun kenyataannya anak tetap tidak nafsu makan. 

Kebanyakan ketika aku mengeluh anak tidak nafsu makan, pasti disaut dengan kalimat "anakku dulu juga gitu susah makan, waktu usia anakmu"  So bisa disimpulkan bahwa anak dibawah lima tahun (balita) hanya mau makan dalam jumlah yang sangat sedikit atau tidak mau makan sama sekali. 

Dan masalah makan sedikit atau tidak mau makan sama sekali adalah masalah perilaku yang umum dialami anak balita bukan? 

Sesuai pengalaman yang aku lakukan untuk mengatasi anak balita tidak nafsu makan antara lain:
1. Hindari Paksaan
Jangan pernah memaksa anak makan ya bunda. Beda banget memaksa dan membujuk untuk makan ya. Karena dengan paksaan pasti anak akan menjadi takut dan tegang ketika makan. Malah-malah muncul trauma makan, jadi bahaya bukan? Nah hal tersebut dapat membuat anak kurang sensitif terhadap rasa lapar nantinya. Ketika anak terasa lapar nantinya malah takut ketika minta makan, karena muncul memori paksaan kita untuk makan, jadi seakan-akan makan itu suatu hal yang tidak menyenangkan baginya.

2. Tampilkan Makanan yang Menarik
Untuk tampilan pasti akan menggugah selera makan bukan? Jadi ketika anak melihat makanannya unik, lucu pasti dia penasaran ingin memakannya. Hal tersebut membuat waktu makannya menjadi menyenangkan. Bisa dikombinasikan bermacam-macam sayur dengan warna berbeda, tentunya disajikan bersama sumber karbohidrat, protein, dan lemak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. 

3. Makanan yang Disukai
Untuk menarik nafsu makannya juga bisa melalui makanan yang ia sukai. Bisa menyajikan makanan yang disukainya. Selain tampilannya yang menarik, pastikan makanan dan rasa nya ia sukai juga ya Bunda.

4. Vitamin Nafsu Makan
Ada beberapa vitamin Nafsu makan 
- Vegekids
Vitamin yang dikonsumsi Azkiya, anakku adalah Vegekids. Vegekids adalah vitamin Nafsu makan anak yang mengandung minyak ikan, Vit D, Vit A, Protein, dan Omega. Dimana kandungan tersebut dipercaya menambah nafsu makan, menambah berat badan, dan menambah daya tahan tubuh anak.

Cara pakainya juga cukup mudah cukup gunting kapsulnya lalu dicampurkan di makanan tau minuman. 

Aturan pakai, sesuai yang dianjurkan saja ya Bun yaitu 
- Untuk usia 6 bulan - 2 tahun hanya 1X sehari, sekali minum 1 kapsul
- Untuk usia 3 - 11 tahun hanya 1X minum untuk kapsul pada pagi dan 1 kapsul pada malam hari 
Aku sudah buktikan tips-tips diatas ya Bun, dan yang paling ampuh adalah pemberian vitamin vegekids. Di hari pertama aku masukkan vitaminnya di minuman. Tapi memang belum ada perubahan makannya. Nah hari kedua, Azkiya sering minta makan, bahkan makan sendiri. Kebalikan dari kebiasaannya, aku sering membujuk makan dan menyuapinya. Sekarang Alhamdulillah sekali lahap banget makannya, kadang sampai minta nambah makan. 

Semoga bermanfaat ya Bunda untuk mengatasi anak susah makan :-) 
SHARE 0 comments

Add your comment

© www.katajamila.com about another home of my mind · Designed by Sahabat Hosting