NGEBLOG ASYIK BERSAMA KOMUNITAS BLOG WALKING ASYIK

NGEBLOG ASYIK BERSAMA KOMUNITAS BLOG WALKING ASYIK

Alasan Ngeblog

Ada beberapa orang yang memiliki alasan  untuk memilih menjadi seorang blogger. Awalnya aku dulu hanya berniat untuk menyibukkan isi kepala agar mampu teralihkan prasangka dan firasat buruk. Selain menyibukkan diri dengan menulis di blog, aku juga sibuk di dunia Instagram. Ada beberapa teman di Instagram yang mempunyai blog juga tetapi aku lihat blognya lebih menarik dari segala sisi. Bukan hanya menulis di blog sebagai sisi menyibukkan pikiran.

Bagiku dengan menyibukkan pikiran, hawa negative sedikit sirna, yah meskipun sedikit tapi aku juga lega ditimbang tidak ada kesibukan jadi merasakan firasat negative dan prasangka yang seakan-akan membunuh diriku secara perlahan. Eits meskipun begitu tapi isi blogku tentunya bukan curahan hati yah hehe. 

Melainkan isi nya sesuatu yang bisa bermanfaat sebagaimana teringat kata pak Dosenku dulu bahwa “Kita meninggalkan dunia ini setidaknya harus mempunai sebuah karya yang bermanfaat. Ketika kita sudah di akhirat, ada orang yang bisa menggunakan karya kita maka itu bisa sebagai penolong kita di akhirat dan terkenanglah kita” waktu itu yang dicontohkan karyanya adalah buku. Nah aku juga ingin menulis sebuah buku, namun masih in the way hehe. Sekarang di blog yang aku tulis ini aku harapkan juga mempunyai manfaat apalagi blog juga mempunyai jejak digital yah. 

Setelah menulis lanjut aku publish, tentunya berharap sesuatu yang lain yaitu mendapatkan tanggapan, reaksi dari pembaca. Seperti niat saya menulis untuk menyibukkan isi pikiran yang berharap tulisanku bisa mempunyai manfaat untuk pembaca. Sudah beberapa hari aku post, aku membatin “Loh kok gak ada yang melihat ataupun membaca apalagi meninggalkan tanggapan yah.” 

Waktu itu dengan polosnya ku kira menulis di blog. Ketika ada orang mengetik keyword di google terus muncul tulisanku disana. Ternyata tidak, terus aku membatin “loh kalau tulisanku gak muncul pas ketik keywordnya, berarti orang-orang gak bisa membaca tulisanku yang sesuai apa yang mereka cari. Bagaimana caranya aku bisa menebar manfaat dan meninggalkan karya untuk tabungan akhirat nanti” yah meskipun tulisanku bisa dibilang tulisan ala kadarnya tapi kan setiap tulisan pasti ada manfaatnya untuk si pembaca hehe

Komunitas Blog Walking Asyik

Lalu aku searching cara muncul tulisan blog menjadi halaman pertama di google, disana menyebutkan juga untuk perbanyak pengunjung di tulisan bisa di share di media sosial. Mengingat followers di media sosial tak seberapa lalu belum tentu juga mereka membuka tulisanku.  Kemudian aku bertanya kepada temanku di Instagram yang mempunyai blog, ia menyarankan untuk masuk grup blog walking asyik. Dimana grup tersebut ada di media whatsapp, dimana ada sebuah kegiatan yang menjalin komunikasi antar blogger tentunya juga bisa menambah pengunjung. 

Selain grup tuntuk berkunjung, grup ini juga sebagai grup belajar blogging. 
Tentang blogwalking, blogwalking itu istilah untuk orang-prang yang berkunjung dan berkomentar atau memberikan tanggapan terhadap tulisan di blog. Walking, jalan yah hehe ya begini kalau jalan-jalan biasa saja itu istilahnya walking. Sedangkan blogwalking itu jalan-jalan antar blog atau berkunjung di blog orang entah tidak meninggalkan komentar ataupun meninggalakan komentar. 

Nah, tak hanya sebatas berkunjung saja. Secara manusiawi yah, jika ada orang yang mengunjungi rumah kita, tentunya orang tersebut ingin juga kita mengunjungi rumahnya. Sama halnya dengan orang yang lama mmembaca tulisan kita hingga meninggalkan komentar maka sebaiknya ada balasan juga untuk berkunjung balik di blog. Ketika sedang berkunjung dan meninggalkan komentar alangkah baiknya untuk menjaga sopan santun dengan meninggalkan komentar yang baik dan sopan. 

Di dalam Grup tentunya dibentuk oleh admin dan mempunyai peraturan. Untuk saling berkunjung antar blog itu dijadwalkan pada hari senin, kamis dan sabtu pukul 12.00 WIB hingga 20.00 WIB, untuk yang mengikuti sesi kunjung maka mendaftarkan atau drop link tulisan di list yang disediakan admin. Untuk menyelesaikan tugas saling kunjung diberi waktu, ketika belum menyelesaikan maka di list selanjutnya tidak diperbolehkan ikut drop link hingga hutang yang kemarin dilunaskan.
Sedangkan untuk belajar blogging tidak terjadwal seperti berkunjung antar blog alias bisa kapan saja. Untuk peraturan komentar, bahasanya juga harus relevan dengan isi tulisan, serta untuk menghargai jerih payah tulisan maka sebaiknya janga komen hanya dua kata seperti “Niche kak. sangat bermanfaat kak dsb” maka dianjurkan untuk komentar minimal sepuluh kata.

Selain menambah pengunjung juga bisa menghidupkan tulisan seperti saling interaksi antar tulisan blog. Blog walking ini sangat efektif karena ada admin yang bertanggung jawab untuk memantau dan mengecek. Di grup blog walking asyik ini adminnya biasa disapa Mbak Hany dan Mbak Rini. Grup ini dinamakan “Blogwalking Asyik” karena terbentuk dari kedua admin yang tidak mau ribet, ingin grupnya berjalan secara santai.  

Kesan 

Selama di grup aku memang merasakan situasi santai, adem ayem hehe. Sampai detik ini aku betah di grup, serasa ada teman yang saling merangkul. Disini aku menemui banyak manfaat selain tentang menambah kunjungan dan belajar, juga mendapatkan berbagai informasi. Alhamdulillah ternyata blog bisa mendapatkan cuan loh, aku tahu dari grup Blogwalking Asyik. Senangnya lagi ketika berkunjung antar blog, aku serasa mendapatkan ilmu baru dari tulisan-tulisan mereka. Dilihat dari sisi gaya tulisan dan bahasanya serta sisi informasinya.   

Berikut tulisanku tentang blogwalking asyik, aku sangat berharap untuk saling sambung silaturahim dan semoga grup ini tidak dibubakan aamiin :-)
Terbaru Lebih lama

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar