PEMBEKALAN MOMBASSADOR SGM EKSPLOR DALAM PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA (BEHAVIOUR ON SOCIAL MEDIA BY BUNDA ANI BERTA)

2 komentar
PEMBEKALAN MOMBASSADOR SGM EKSPLOR DALAM PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA (BEHAVIOUR ON SOCIAL MEDIA BY BUNDA ANI BERTA)

Alhamdulillah tanggal 25 September lalu telah diadakanya acara “Temu Bunda Mombassador 2021” yang berarti bahwa sudah resmi menjadi bagian keluarga SGM Eksplor. Banyak sekali Bunda-Bunda yang ingin menjadi posisi ini, masyaallah saya terpilih. Terimakasih SGM Eksplor telah mempercaakan saya untuk menjadi bagian keluarga SGM Eksplor 2021. Oh iya congratulation untuk Bunda-Bunda lainnya yang menyandang status sebagai Mombassador SGM Eksplor 2021 yah dan Bunda lainnya yang belum terpilih  jangan pantang menyerah. 

Baru dua bulan dengan status Mombasador, Alhamdulillah banyak sekali hal positif yang saya dapatkan seperti saling sharing dan caring antar Mombassador lainnya, mendaptkan ilmu dan materi, kemudian dapat tugas untuk mengaplikasikan ilmu dan materu yang didapatkan (meskipun di dunia maya ngerasa di dunia nyata hehe), serta bisa berinovasi di social media. 


FUNGSI DAN DAMPAK BERSOSIAL MEDIA

Teknologi dijaman sekarang sangat berkembang pesat ya Bun. Hal ini bisa dilihat berkembang luasnya jaringan internet dan berkembangnya applikasi internet. Internet semakin banyak digunakan, bisa dibilang juga sebagai kebutuhan di sisi kehidupan. Salah satu aplikasi internet yang sering digunakan adalah social media seperti instagram, facebook, dan tiktok.  Pasti yang baca tulisan ini pasti memiliki social media tersebut kan? Hehe 

Social media instagram dan facebook memfokuskan media photo dan video, sedangkan tiktok hanya focus di video. Applikasi tersebut mempunyai pemikat tersendiri terhadap penggunanya. Tentunya applikasi tersebut mempunyai dampak tersendiri. Dampak positive bisa kita dapatkan ya Bunda seperti mendapatkan informasi tentang social ataupun bisnis, membangun silaturahmi dengan orang lain meski tanpa bertemu melalui video, photo dengan cara memberikan perhatian ketika sedang ulang tahun, memberikan komentar, serta menjaga hubungan baik meski tidak dapat bertemu secara nyata. 

Selain dampak positive kita juga bisa menemukan dampak negative ya bun seperti saking asyiknya berinterasi dengan dunia maya malah menjadikan kurang berinteaksi dengan dunis nyata, terkadang bikin kecanduan juga ya Bunda hingga hamper lupa waktu, oh iya Bunda terkadang boros kuota juga ya kalau nonton video.

Untuk meminimalisir dampak negative, mombassador SGM Eksplor diberikan pembekalan oleh Bunda Ani Berta sebagai Bunda Community Leader untuk Komunitas SGM Eksplor, dimana ia yang akan menemani, membimbing dan mendampingi di Komunitas bersama Bunda Siti Sari.

Dalam pembekalan tersebut membahas tentang “Behaviour on Social Media” bagaimana tingkah laku dalam bersosial media. Adapun fungsi media social untuk memperluas interaksi social manusia dengan menggunakan teknologi internet yang dimana sifatnya bisa saling berbagi informasi, bisa mempengaruhi dan menguatkan opini. Apalagi sebagai Mombassador ya Bunda, pengaruh dan informasi kita juga sangat berpengaruh terhadap pengguna media social.

TIPS BRANDING
Tips branding yang dimaksud adalah bagaimana cara untuk mempromosikan diri sendiri atau proses membangun reputasi online yang diciptakan dari kombinasi skill, pengalaman, dan kepribadian yang ditampilkan.

- Membuat Nama yang Konsisten
Membuat nama konsisten yang dimaksud adalah ketika memiliki akun di media social manapun namnya harus sama. Misalnya akun instagram, facebook,  dan tiktok namanya harus sama jangan juga menggunakan nama samaran atau alay ya Bunda hehe dengan cara ini memudahkan orang lain ketika mencari kita.

- Foto Profil Personal
Dalam penggunaan photo profil disarankan juga menggunakan photo kita  jangan pakai photo benda. Diharapkan agar orang lain ketika akan menghubungi kita akan yakin bahwa itu kita.

- Followers Organik
Organik yang dimaksud adalah followers yang mengikuti kita bukan dari hasil beli followers, melainkan mereka suka rela dengan senang hati mengikuti akun kita. Karena ketika followers organic akan ada interaksi dengan konten kita.

- Konten Bermanfaat
Isilah konten yang bermanfaat jadi bisa menjadi pengaruh atau panutan yang baik terhadap orang lain yang menonton konten kita. Ketika konten bermanfaat maka banyak pula followers yang akan mengikuti kita. Oh iya usahakan ada captionnya ya agar bisa menyampaikan konten kita, jangan terlalu pendek dan panjang juga ya captionnya. 

- Tonjolkan Ciri Khas
Agar gampang diingat kita harus menonjolkan khas. Misalnya dengan membuat konten menyesuaikan kategori kita, seperti kategori beauty jadi mebuat konten beauty yang unik, kategori parenting maka isi kontennya harus tentang parenting dll
 
SESUAI KEBUTUHAN

Jangan sampai kita berlebihan ketika main social media, ingat juga kita mempunyai kegiatan lainnya di dunia nyata. Jadi kita  harus menetukan tujuan dan buat time line to do list yah agar tertata dengan baik.

BRAIN & BEHAVIOUR

Dikarenakan mengemban amanah baru, jadi diharuskan menjaga nama baik, entah nama baik sendiri dan nama brand ya Bunda hehe Karena tugas sebagai Mombassador selain di dunia nyata juga ditugaskan di dunia maya seperti media social. Media social adalah sebuah media online, dengan cara penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi berbagi isi dan menciptakan isi. Apalagi media social akhir-akhir ini sangat pesat perkembangannya, jadi pesat juga pengaruhnya ya Bunda. 

Mengingat fungsi media social, menyandang status sebagai Mombassador tentunya akan menjadi pusat perhatian. Jadi harus menjaga sikap, menghindari perselisihan, dan mengutamakan attitude. 


ETIKA MOMBASSADOR

Etika adalah nilai moral dan norma yang menjadi patokan bagi individu ataupun suatu kelompok dalam mengatur tindakan atau perilaku ya Bunda. Nah sebagai Mombassador, selain menjaga sikap dan attitude, kita harus memperhatikan etika sebagai mombassador ya Bunda seperti beretika membuat konten dan etika berkomentar. 

TEKNIS MENJALANKAN TUGAS

Sebagai mombassador setiap minggunya akan diberikan sebuah tugas dimana sebelum diberikan tugas, diberikan ilmu dan materi terlebih dahulu lalu diterapkan di dunia nyata. Setelah itu kemudian di upload di social media agar mempunyai pengaruh yang baik dan menginspirasi Bunda lainnya. Teknis menjalankan tugas agar tidak melenceng dari tema tugas dan sesuai dengan aktivitas sehari-hari dengan anak.

Penggunaan media social tentunya membawa perubahan perilaku terhadap penggunanya. Harus jeli dalam penggunaan media social agar mendapatkan dampak positive ya Bunda. Hampir semua dari berbagai kalangan dan usia memiliki dan menggunakan media social sebagai salah satu jalan untuk memperoleh dan menyampaikan informasi. Oleh karena itu sebagai Mombassador SGM Eksplor diberikan pembekalan diharapkan mempunyai pengaruh positif terhadap pengguna lainnya. Oh iya tulisan ini juga bisa diterapkan untuk pengguna media social ya meskipun tidak menyandang status sebagai Mombassador. Semoga Bermanfaat :-]
Terbaru Lebih lama

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar