GAME EDUKASI UNTUK MENGASAH OTAK ANAK-ANAK

33 komentar
GAME EDUKASI UNTUK MENGASAH OTAK ANAK-ANAK

PERILAKU ANAK BERMAIN GAME 

Sudah diketahui ya Moms bahwa anak-anak jaman sekarang sudah memiliki gadget bahkan di usia Sekolah Dasar. Pada umumnya mereka menggunakan gadget untuk bermain Game. Sering aku perhatikan anak yang sedang fokus main game terlihat begitu bersemangat dengan game yang mereka mainkan. Terkadang saking fokusnya mereka hingga  lupa waktu bahkan sampai kecanduan.

Nampak ekspresi wajah bangga dan gembira ketika mereka menang dalam suatu game dan sebaliknya jika kalah nampaklah ekspresi wajah murung dan frustasi. Dengan situasi tersebut mereka tentunya terhibur, tidak anak-anak saja yang merasa terhibur dengan game bahkan dikalangan dewasa juga merasa terhibur. Selain menghibur game juga bisa menghilangkan stress, meningkatkan fokus, meningkatkan skill, dan meningkatkan kemampuan untuk menemukan sebuah solusi.

SIKAP ORANG TUA

Berbeda dengan jaman dulu kita ya Moms, kita seusia anak Sekolah Dasar belum paham tentang gadget. Dulu permainan pada jamanku seperti lompat tali, bola kasti, masak-masakan dengan bahan tumbuhan, main bola, congklak, petak umpet, dll. Nah kalau dibandingkan permainan sekarang beda jauh ya.

Jaman sudah berubah ya Moms terlihat dari perilaku anak dan lingkungan, maka dari itu pola pikir kita juga turut berubah ya Moms. Karena itulah kita juga harus pintar mencari celah dalam mendidik anak, cari kesukaan atau hobi anak kemudian menyelipkan sebuah edukasi disana. Pada kebanyakan umumnya jaman sekarang anak suka main game, nah disana kita bisa mencari celah untuk memberikan pendidikan seperti memberikan game dengan genre pendidikan.

Berbagai game bisa kita temukan ya Moms, kita bisa memilih game yang offline, online, berbayar, tidak berbayar, download dan tanpa download. Kalau aku memilih game untuk anak-anak yang game online, tanpa download dan tidak berbayar. Selain hemat kapasitas memori handphone, hemat biaya untuk bayar game dan tidak membuat kecanduan anak karena game nya online yang tanpa download  jadi mereka ketika membuka handphone tidak menemukan game nya.

Jadi kita sebagai orang tua yang mempunyai tanggung jawab untuk mendidik anak harus teliti memberikan sebuah game kepada mereka ya Moms, jangan sampai game merusak mereka. Kita harus lebih bijak, teliti dan menyesuaikan game sesuai usianya ya. Untuk mewujudkan hal tersebut, aku ingin kesukaan main game itu menjadi hal yang bermanfaat. Aku berharap game untuk anak-anak menjadi media untuk bermain dan belajar.

PLATFORM GAME YANG MENDIDIK

Ada sebuah platform game bagus untuk mewujudkan harapan kita ya Moms, dengan bermain game mereka bisa juga dengan belajar. Platform tersebut terdapat ratusan game online yang tanpa download dan gratis di semua genre. Jadi game tersebut bisa dimainkan langsung di browser web tanpa mengunduh applikasinya. Adapun genre di platform tersebut antaranya Awe Shoot, Cartoon Games, Comics Games, Education, Solitaire, Sport Games dan masih banyak lagi.

Ingat ya Moms kita harus bijak, teliti dan memilih games untuk anak-anak. Karena aku ingin anakku bermain dan belajar maka ku pilihkan dia genre education, seperti berikut:

1. MATH BOY

Game online ini sudah bisa ditebak ya dari namanya MATH yang mengartikan matematika. Math Boy adalah permainan matematika, isi dari permainan tersebut yaitu kombinasi dari semua operasi aritmatika.

Cara kerja :

Pemain dan musuh. Pemain (anak) dan musuh (minion di game). 

Pemain harus menyelesaikan sejumlah pertanyaan yang diberikan dengan cepat dan benar karena diberikan waktu. Jika benar menyelesaikan pertanyaan dengan cepat dan benar maka pemain akan melantungkan pedang ke musuh lalu mendapatkan score. Sebaliknya jika pemain kalah maka musuh akan melantungkan pedangnya kemudian game over alias selesai. 

Manfaat:

1). Meningkatkan Bahasa Inggris

Game math boy memang permainan matematika akan tetapi di platform ini disediakan dengan bahasa inggris. Jadi secara tidak langsung anak bisa berbahasa inggris. 
Melatih Kecepatan Berfikir

Dikarenakan ada waktu untuk menjawab pertanyaan yang diberikan jadi harus cepat menjawab agar tidak kalah dari musuh atau game over.

2). Meningkatkan Kemampuan Operasi Aritmatika

Permainan tentang operasi aritmatika jadi secara langsung anak mengoperasikan aritmatika tersebut. Maka dari itu anak akan terbiasa dengan pengoperasian aritmatika sehingga sambil bermain dan belajar secara tidak sadar membuatnya pintar mengoperasikan aritmatika.

2. VIRTUAL XYLOPHONE

Pemain ada dua orang sebagai pengajar (penuntun nada) dan diajar (pemain)

Virtual Xylophone adalah permainan tentang simulasi online sederhana, biasanya musik ini diajarkan anak sekolah dasar.

Cara kerja:

Ketuk batang xylophone pada layar HP atau klik mouse pada laptop untuk memainkan not musiknya. Bisa dengan klik atau seret berulang kali untuk memainkan not tambahan.

Manfaat :

1). Meningkatkan Daya Ingat

Ketika main musik anak akan mengingat not yang di klik agar sesuai dengan nada yang diajarkan. Agar tidak salah maka anak akan mengingatnya lalu mengulangi dengan benar.

2). Mengembangkan Karakter

Main musik bisa mengendalikan diri, kesabaran, dan ketekunan, karena anak harus konsisten dalam bermain music. Karena itu anak akan terbiasa dengan sikap tersebut lalu menjadikan bentuk karakter pada dirinya.

3). Meningkatkan Bahasa Inggris

Game virtual xylophone memang permainan musik akan tetapi di platform ini panduan cara kerja dan pengenalannya disediakan dengan bahasa inggris. Jadi secara tidak langsung anak bisa mengasah bahasa inggris.

Terdapat banyak game lainnya bisa Moms pilih sesuai genre yang diinginkan selain dua game yang aku mainkan untuk anakku seperti di atas yah. Banyak game menarik lainnya di situs play.org secara gratis dan tanpa download, nah cukup simple yah. 

Selain menarik karena banyak game yang bisa dipilih, game di situs ini menarik juga dibagian lainnya seperti situsnya yang ringan, designnya yang familiar, terdapat pula panduan cara bermainnya, bisa diakses segala usia dan tidak ada iklan.

Ingat ya Moms kita harus bijak, teliti dalam memilih games serta pastikan juga anak tetap merasa senang dalam bermain game ya. Moms bisa coba game berbagai genre di situs website resmi plays.org secara online, gratis dan tanpa download yah. 

Selamat mencoba :-)


Related Posts

33 komentar

  1. Aku sudah cobaaaa bagi orang tua pun bisa main untuk mengurangi stres

    BalasHapus
  2. banyak juga ya rekomendasi game anak di Plays.org, kupikir cuma buat game arcade aja hihihi, menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banyak banget kak, ratusan loh, mainannya juga gak bikin bosen yah kak

      Hapus
  3. Wah keren ini, anak berasa main game padahal sedang belajar juga. Bisa meringankan beban mamanya nih :)

    BalasHapus
  4. Eh baru tahu dong aku kalau ternyata di plays.org juga ada game-game edukatif untuk bocah. Nggak cuma buat remaja dan orang dewasa doang ya. Bakal direkomendasiin nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, saking banyaknya genre di plays.org sampe kelewatan bagian genre education nya ya

      Hapus
  5. cuzz ke plays org mumpung gratis. Setuju, lebih baik mencari celah untuk memberikan pendidikan seperti memberikan game dengan genre pendidikan.

    BalasHapus
  6. Aku juga sempat main games online kalau lagi penat banget...
    plays.org memang gratiisss ya...

    BalasHapus
  7. Sebenarnya agak galau kalau udah masalah ponsel dan anak. Sekarang anakku yang umur 2 tahun aja suka nonton video nyanyian dan agak susah dikendalikan. Misal dialihkan ke game sederhana kayak gini bakal lebih baik enggak ya. Pengen diminimalkan, tapi kok susah sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anakku juga 2 tahun mbak, aku kasih mainan yg xylophone

      Hapus
  8. Betul sekali ada manfaatnya game education, saya setuju yang bisa ningkatin kemampuan bahasa inggris..selain itu bisa meningkatkan kecerdasan pada anak-anak...keren memang ya, apalagi kalo udah gede anak2 gamer bisa memperasah kemampuannya untuk cuan dari e-Sport juga.

    BalasHapus
  9. Adikku termasuk penggemar game di gadget. Kayaknya memang harus ada pengalihan biar waktunya nggak banyak untuk game doang.

    BalasHapus
  10. Wah, asyik nih bisa main game edukasi di plays.org. terlebih lagi gak perlu di download, jadi gak ngabisin memori. xixixi...

    BalasHapus
  11. nah kalau ada manfaat lain kayak belajar bahasa Inggris gitu seneng aku, kebetulan anakku udah mulai suka nge-game.

    BalasHapus
  12. Betul bgt, harus pandai2 pilih game yg baik buat anak. Boleh juga nih mampir ke situs website resmi plays.org , banyak games terbaik 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya selain juga untuk anak2 juga bisa untuk orang tua

      Hapus
  13. Nah iya bener banget nih mba. Jaman dulu permainan akan lebih asyik karena juga berinteraksi dengan teman ya. Skrng tugas orang tua lebih berat karena games saja harus diawasi agar anak tak salah pilih

    BalasHapus
  14. Game dengan genre Pendidikan wah keren nih ... Penting banget Kita sebagai ortu memperhatikan game anak-anak Kita ya mbak

    BalasHapus
  15. Wah baru tau kalo di plays.org ada math boy. Ini mah cocok buat anak-anak yang susah belajar operasi matematika. nanti coba deh, biasanya kalo dikemas dalam bentuk game anak-anak bakal suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He.em mbak, aku juga mainan ini buat anakku ketika sekolah nanti

      Hapus
  16. Setuju nih jika sekarang yang namanya game untuk anak2 sebaiknya banyak berisi tentang eduaksi ya kak supaya anak dapat pengetahuan tidak sekedar main game saja

    BalasHapus
  17. Aku senang banget sekarang banyak game edukasi untuk anak dari plays.org Sangkala dan Mameru semangat banget untuk cobain game-game seru disana.

    BalasHapus

Posting Komentar