BETAPA PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN MENSTRUASI

BETAPA PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN MENSTRUASI

Webinar Dalam Rangka Menyambut Hari Kebersihan Menstruasi

Alhamdulillah tanggal 27 Mei 2021 aku ikut berpartisipasi webinar yang diadakan oleh Betadine bagian dari gerakan masyarakat yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia, Ikatan Psikolog Klinis Indonesia didukung Mundiphama Indonesia dengan tema sehat dan bersih saat menstruasi dalam rangka menyambut hari kebersihan mesntruasi 28 Mei. Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya menjaga kebersihan saat menstruasi (MKM) yang dipandu oleh Novita Angie sebagai host dengan 3 narasumber yaitu Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH  Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, dan Mada Shinta Dewi, Country Manager Mundipharma Indonesia.

Mundipharma Indonesia
 Menyelenggarakan Program 
Edukasi Mengenai 
Kebersihan Menstruasi

Webinar dimulai pembukaan oleh pemandu acara Novita angie kemudian penonton mengisi polling untuk mengumpulkan informasi terkait menstruasi. Dilanjutkan Mada Shinta Dewi, Country Manager Mundhiparma Indonesia menyampaikan bahwa Mudhiparma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannnya. Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementrian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi.

Mundipharma Indonesia melalui BETADINE Feminime Care melakukan kampanye edukatif untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan.

Mengapa Hari Menstruasi Diperingati Setiap Tanggal 28 Mei?

Sebelum aku share ilmu dari dr. Dwiana aku mau ngasih tahu juga kenapa sih hari kebersihan mesntruasi diperingati tanggal  28 Mei? Siapa yang tahu? Hehe Nah secara simbolis diambil 28 karena rata-rata periode menstruasi perempuan yaitu setiap 28 hari sekali, lalu 5 itu rata-rata periode menstruasi, nah 28 & 5 adalah angka untuk mengingat bahwa tanggal 28 bulan 5 itu sebagai peringatan Hari Kebersihan Menstruasi.

Memanajemen Kebersihan ketika Menstruasi

Kemudian acara dilanjutkan oleh pemateri dari narasumber Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K). Resiko bakteri ketika menstruasi itu meningkat loh Moms dibandingkan dengan keseharian ketika tidak menstruasi dan betapa pentingnya pengetahuan tentang menstruasi untuk anak perempuan juga. Maka dari itu baca dengan seksama tulisanku ini ya, karena aku akan share ilmu yang aku dapatkan ketika mengikuti webinar tersebut.

Materi dari narasumber Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K) tentang Sehat dan Bersih saat Menstruasi.  Beliau memaparkan bahwa bakteri buruk lebih banyak ketika menstruasi maka dari itu pentingnya menerapkan MKM (Menjaga Kebersihan Menstruasi) dengan memanajemen kebersihan ketika menstruasi.

Setelah mengetahui memanajemen kebersihan ketika menstruasi kita juga harus tahu ya Moms, apa sih masalah kesehatan akibat penjagaan kebersihan dimasa menstruasi yang buruk. Ada infeksi saluran reproduksi, infeksi jamur, infeksi saluran kemih, peningkatan risiko kanker serviks. Masalahnya benar-benar bisa fatal ya Moms, padahal reproduksi itu bagian alat tubuh yang penting jika bermasalah waduuh bisa dibayangkan sendiri kan Moms.

Masalah kesehatan tersebut juga bisa kita cegah loh Moms dengan cara menjaga kebersihan area vagina ketika menstruasi ataupun tidak agar tidak menimbulkan infeksi-infeksi seperti yang dijelaskan diatas. Adapun dr. Dwiana memaparkan bahwa membersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala sebagai berikut

1. Cara menjaga kebersihan ketika menstruasi

2. Gunakan air bersih mengalir karena air sifatnya netral


3. Selain dengan air bersihkan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi. Note ya jangan pakai sabun mandi karena PH nya tinggi.

4. Gunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik; serta mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali.

5. Perhatikan juga arah ketika membersihkan vagina


Meskipun bukan masa menstruasi, kita tetap menjaga kebersihan area vagina ya. Misalnya gunakan tisu berbahan lembut untuk mengeringkan vagina; cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina; menggunakan celana dalam berbahan katun; serta ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah. Nah seperti kita ya Moms sebagai perempuan yang sudah kontak seksual dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smir atau IVA secara teratur.

Mengedukasi Anak Perempuan tentang Sehat dan Bersih saat Menstruasi

Pemateri selanjutnya yaitu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta. Beliau membahas tentang peran seorang ibu untuk mengedukasi anak perempuan tentang sehat dan bersih saat menstruasi. Pasti Moms ingat yang mengedukasi tentang menstruasi pertama kalinya adalah seorang ibu bukan? anak Seperti aku, dulu aku bertanya-tanya tentang menstruasi, mulai dari kok bisa mens, kenapa hanya seorang perempuan yang mens, berapa lama keluar mens, cara pakai pembalut bagaimana, apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh, dll. Alhamdulillah dulu ibuku jabar sekali penjelasannya menjawab semua pertanyaanku, jadi aku gak kaget ketika menemui masa menstruasi. Nah lanjut ya aku mau share materi dari Mbak Anna Surti antaranya pertanyaan-pertanyan umum yang sering ditanyakan, hal-hal yang harus dibicarakan ketika belum menstruasi dan sesudah menstruasi dan strategi bicara tentang menstruasi.

Hampir sama dengan pertanyaanku dulu, Mbak Anna Surti juga memaparkan pertanyaan-pertanyan umum yang sering ditanyakan

Selanjutnya beliau juga memaparkan hal-hal yang harus dibicarakan ketika belum menstruasi dan sesudah menstruasi 

Kemudian kalau canggung membicarakan tentang menstruasi kepada anak. Beliau memberikan strategi bicara tentang menstruasi

1.      Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar

2.       Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya

3.      Jangan berpikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan, lakukan berulang kali secara bertahap

4.       Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitif buat anak perempuan

5.       Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi

6.      Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan

7.       Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Mengedukasi Mengenai Manajemen Kebersihan Menstruasi

Pada acara webinar Betadine kali ini, ia mengundang Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid . Beliau menyampaikan bahwa menstruasi terjadi pada perempuan adalah hal normal. Untuk anak perempuan juga butuh wawasan mengenai mensttruasi sebelum menemui masa menstruasi pertama kalinya. Selain itu juga memberikan wawasan untuk memanajemen  kebersihan ketika menstruasi.

Meskipun pengetahuan mengenai memanajemen kebersihan ketika menstruasi bagi perempuan tapi nyatanya ada data seperti dibawah ini. Bisa dilihat sendiri ya moms bahwa masih dibilang separuhnya minim pengetahuan tentang menjaga kebersihan menstruasi.

Karena data diatas memberikan arti tentang minimnya pengetahuan tentang menjaga kebersihan menstruasi maka dari itu Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan edukasi mengenai MKM, salah satunya melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang menyasar anak usia sekolah dan remaja. Serta mereka juga mendorong masyarakat luas untuk aktif mencari informasi kesehatan yang benar termasuk mengenai MKM kepada tenaga kesehatan terdekat.

Produk Mendukung Kebersihan dan Kesehatan Area Kewanitaan

Sebelum ditutup acara webinarnya, salah satu anggota bagian dari Mundipharma Indonesia mengenalkan prooduknya yang sudah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia untuk mencegah serta mengobati infeksi tentunya. Merk yang dimaksud adalah BETADINE, pasti tiding asing lagi kan Moms tentang merk satu ini.

Serangkaian dari produknya salah satunya Betadine femine care rangkaian lengkap untuk mendukung kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, mulai dari sehari–hari, menstruasi dan juga infeksi area kewanitaan. Produk ini tentunya sudah sesuai dan ideal dengan pH untuk area vagina ya. Untuk lebih jelasnya Moms kalian bisa beli di e-commerce officialnya shopee atau di e-commerce nya  di tokopedia

Gak kecewa kan moms baca tulisanku sampai selesai? Hehe Ya gak lah masa kecewa. Baik hati kan aku share ilmu penting banget setelah aku ikutan webinar hihihi jangan lupa di share dan komen yah.  

Related Posts

There is no other posts in this category.

30 komentar

  1. Kalo dulu ibu kita berperan banget menjadi orang yang mengedukasi, saatnya kita pun harus aktif dan jangan abai. Jangan sampai anak kita mendapat informasi yang salah dari sumber yang tidak jelas ya kan kak..

    BalasHapus
  2. Wah saya juga sebagai guru biologi SMA saya ngajar di kelas XI, kebetulan ada materi tentang menstruasi. Jadi tambah wawasan nih untuk disampaikan ke siswa2 saya. Saya juga selalu berpesan kepada siswa2 saya baik yang perempuan maupun laki2 agar menghormati teman perempuannya yang sedang menstruasi.

    Btw, saya juga berpesan supaya yang cewek2 saat menstruasi jangan pernah dikasih tahu tanggal pertama mensnya ke ayah, pacar atau kakeknya, takut nanti dijadikan alat untuk pelecehan seksual. Karena ada masa subur (ovulasi) seorang wanita yang bisa dihitung dari tanggal pertama menstruasinya. Ovulasi itu sel telur matang dan siap dibuahi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang memang jaman aneh ya, kasus pelecehan seksual aku lihat diberita sudah narak dimana2, sedih aku ngeliatnya

      Hapus
  3. Penting sekali ya mengedukasi anak-anak perempuan terkait menstruasi, karena terkait dengan kebersihan. Sedih kalau misalnya kena penyakit hanya karena kita gak menjaga kebersihan dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt kak, kalau tahu kita sakit gara2 gak bersih ketika mens, sedikit memalukan bagi saya huhuhuhu sudah tugas wanita soalnya mens itu

      Hapus
  4. Halo Kak, setuju banget kalau pemahaman tentang menstruasi ini emang penting. Salam kenal yaaa 😉

    Btw, yuk baca juga ulasan aku tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi di sini: bit.ly/MBCxBetadineHygiene 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama2 nulis kebersihan menstruasi ya kak hehe

      Hapus
  5. Banyak blogger parenting dan lifestyle akhir-akhir ini mengingatkan saya pentingnya edukasi tentang menstruasi untuk anak perempuan kita. Alhamdulillah semoga makin banyak yang membaca dan mempraktikkannya di rumah.

    BalasHapus
  6. Nah, ini kebersihan menstruasi memang sangat penting. Kalau saya berpikirnya, ke anak-anak santri perempuan di pesantren yang baru saja masuk. Kadangkala pengalaman haid pertama terjadi di sana. Perlu memang adanya edukasi tentang kebersihan menstruasi oleh para pembina atau ustadzahnya. Sebab, darah haid itu memang kotor, sifatnya najis. Jadi, perlu dibersihkan dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, kalau di pesanteren edukasi tentang larangan arau diperbolehkan ketika mens pasti lebih detail juga,

      Hapus
  7. baru tau juga nich 28 Mei hari menstruasi.. dan pembalut sebaiknya diganti 4 jam sekali sama seperti pampers buat anak bayi juga rupanya.. btw trims sharingnya kak...

    BalasHapus
  8. Ternyata nggak asal pilih tanggal ya 28 Mei diperingati sebagai hari kebersihan mestruasi, ada filosofi dibalik angka-angkanya.

    Semoga pemahaman masyarakat untuk menjaga kebersihan terutama saat menstruasi makin meningkat ya dengan kegiatan webinar ini

    BalasHapus
  9. Wah, baru tau, 28 Mei. Hehe..
    Sangat bermanfaat nh artikelnya buat pengetahuan anak perempuan menghadapi menstruasinya. sebuah fase penting dalam pertumbuhan perempuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom, anakku jg perempuan kelak aku jg akan mengedukasikan hal ini kepadanya, skrg ia baru 20bulan hehe

      Hapus
  10. Seru acaranya aku juga ikut

    BalasHapus
  11. Lengkap sekali mom tulisannya tentang menstruasi.. Jadi berasa ikut acaranya karena dijelasin secara detail banget disini.. Ditunggu tulisan selanjutnya ya mom ❤

    BalasHapus
  12. serem ya ternyata banyak juga infeksinya kalau kita ga jaga kebersihan menstruasi dengan baik.

    BalasHapus
  13. Dari dulu Betadine udah dikenal yang paling ampuh dan aman sih untuk bersihin Miss v

    BalasHapus
  14. Wajibbb bgt tau info ini. Makasih kaa

    BalasHapus
  15. Edukasi tentang menstruasi ini penting banget. Gak hanya buat anak perempuan saja, tapi juga buat anak laki-laki

    BalasHapus
  16. Bermanfaat sekali mom, emang bener sangat penting banget nih, kebetulan aku punya anak laki laki, yuk ah mulai dari sekarang ciptakan generasi yang lebih aware ❤️

    BalasHapus
  17. untuk kaum perempuan sangat berhati" saat mengalami menstruasi apalagi masih awal" jadi agak bingung cara membersihkannnya, namun tidak perlu khawatir adanya Betadine femine care

    BalasHapus
  18. Webinar seperti ini penting banget untuk kita sebagai orang tua diberi informasi yang benar, agar bila ada anak remaja mereka mengalami menstruasi pertama kali bisa menyampaikan kepada anak apa itu menstruasi dan cara menjaga kebersihan.

    BalasHapus
  19. Edukasi tentang pentingnya kebersihan menstruasi ini sangat wajib diketahui oleh orang tua yg memiliki anak perempuan yg sudah memasuki usia remaja agar mereka tidak salah dalam menjaga kebersihan alat reproduksinya

    BalasHapus
  20. Kalau sepengetahuan saya sih, saat perempuan sedang mens, minum jamu kunyit akan melancarkan menstruasi dan mengurangi rasa sakit.

    BalasHapus

Posting Komentar