Rekomendasi Aplikasi untuk Anak-anak

 

Anak-anak yang lahir di era digital ataupun generasi alpha anak yang tahun kelahirannya diatas tahun 2005 pasti tak lepas dari urusan teknologi. Tak mungkin anak dilarang untuk menggunakan media digital, apalagi untuk mendapatkan informasi dan penggunaan media digital untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya yang tak bisa dihentikan seperti kegiatan daring sekolah seperti saat ini. 


Dunia digital memberikan pengaruh positif untuk mendapat pengetahuan tentang banyak hal apa yang belum pernah ia ketahui sebelumnya. Hindari mengekangnya, melainkan biarkan ia mengeksplor keingintahuannya itu. Namun disisi lain juga memberikan pengaruh negatif seperti keblabasan main hp, gak bisa dilepas dengan hp sehingga membuat kegiatan lainnya jadi keteteran gak mau makan, gak mau belajar dll. Kadang malah ia salah menggunakan media digital yang tidak sesuai dengan usianya seperti menonton pornografi , melihat kekerasan, meniru kata kotor di YouTube dll.


Untuk membendung pengaruh negatif yang akan terjadi pada anak. Kita sebagai orang tua harus cerdas melakukan upaya agar hal tsb tidak terjadi. Salah satunya adalah mengisi hp dengan applikasi yang sesuai dengan usianya, membuatnya nyaman menggunakannya, serta membuatnya semangat untuk belajar.  


Banyak applikasi permainan yang membuat tuman atau candu namun ada juga aplikasi pintar yang membantu anak mendapatkan pengetahuan berbagai ilmu dan  keterampilan.


Antara lain applikasi yang biasa aku gunakan untuk Azkiya adalah 


1.  Duolingo 

Applikasi tersebut bisa digunakan untuk belajar bahasa, selain bahasa Indonesia applikasi tersebut menyediakan banyak bahasa asing. Ada game nya juga dan level, sama halnya sekolah setiap akhir level ada tesnya. Untuk test atau game bisa diaplikasikan kepada anak yang sudah sekolah, bersama duolingo belajar sambil have fun. Untuk anakku Azkiya usia 1 tahun biasanya aku dengarkan audionya dia bahasa contohnya sapi (Ngoh)  : Cow aku memanggil sapi untuknya ngoh kadang juga sapi hehe. 


2. Octagon Studio 

Nah applikasi Octagon Studio adalah applikasi yang bisa menghidupkan  flashcard menjadi hidup tiga dimensi yang bisa mengedukasi. Ada flashcard yang mengajarkan alfabet, bahasa Inggris, serta pengetahuan tentang dunia satwa, profesi, bagian tubuh manusia, angkasa luar hingga makhluk-makhluk prasejarah dll. Ketika beli flashcard satwa, maka download apps octagon studio yang berbasis satwa (Animal 4D). Aku penasaran sekali waktu pertama kali nyoba, ih bisa ya flashcard bisa hidup tiga dimensi yang sangat detail kalau dikombinasikan dengan applikasi mobile. Bila flashcard didekatkan dengan apps tsb maka akan hidup tiga dimensi lalu bersuara "ngoh" selain itu juga ada penjelasannya bagaimana bentuk sapi, makan apa, suara sapi, tempat tinggalnya dll bisa diapplikasikan dengan  bahasa Indonesia atau bahasa inggris. Ketika Azkiya aku perlihatkan sapi hidup di HP hidup tiga dimensi, ia bisa melihat bentuk sapi lalu ia juga bisa mengenali suaranya, terlihat senang diwajahnya mendapatkan pengetahuan baru. Nanti kalau sudah tambah umurnya dia bisa membaca & memahaminya. 


3. Lagu Anak-anak 

Banyak anak-anak yang bisa bernyanyi senonoh atau lagu yang tidak pantas diucapkan bagi anak karena mendengar orang sekitar atau ada orang mantenan yang menyuguhi tamunya dengan lagu dangdut, campursari dll. Terkadang juga malah gak bisa nanyi lagu anak karena banyaknya lagu dewasa yang muncul dimedia digital.  Solusinya kita bisa mendownload applikasi lagu anak-anak dapat membuat otak mereka berfikir untuk terus berkembang. Lewat applikasi lagu anak, anak akan dapat mengenal kosakata baru yang didengar dalam lagu anak. Kita juga bisa membimbingnya untuk bernyanyi hal tsb juga bisa meningkatkan bonding terhadap anak. Applikasi tsb juga ada liriknya ketika anak sudah mampu membaca ia juga bisa belajar membaca sambil menyanyi. Namun anak saya masih usia 1 tahun jadi aku membantu menyanyikan lagunya lalu Azkiya biasanya turut bernyanyi meskipun suaranya belum jelas tapi dengan itu juga bisa menambah kosakatanya serta ia bisa menikmati Lagu.


4. Piano Kids

Applikasi ini bisa menghibur serta mengasah keterampilan & mengeksplorasi suara yang berbeda. Apps ini menarik dan menyenangkan, karena ia akan belajar musik saat bermain. Serta memiliki empat mode yaitu instrumen, Lagu, Suara, dan Mainkan.

-  Untuk instrumen Piano, Gitar listrik, Gambang, Saksofon, Drum perkusi, Seruling, kecapi dan Panpipe. Setiap instrumen memiliki suara yang berbeda hal ini biasanya aku latih untuk mengasah keterampilan Azkiya untuk membedakan suaranya kalau besar nanti aku ingin melatihnya membuat melodi. 

- Kemudian lagu kita dan anak dapat belajar memainkan lagu kemudian selanjtnya kita bisa menyentuhnya sendiri setelah bantuan. Ketika kita melainkan lagu dengan instrumenbeisa memilih Piano, Xylophone, Gitar, Flute.

- Selanjutnya suara kita dapat memilih beberapa koleksi objek dengan gambar dan suaranua akan muncul. Dari sini anak bisa mengidentifikasi suara yang berbeda dari objek yang diklik juga tersedia mengucapkan warna, angka, huruf alphabet dalam bahasa inggris, spanyol dan portugis.

-  Lalu mode permainan, permainan inj menyenangkan untuk anak-anak yang melalui musik dan suara membantu anak-anak belajar. Belajar berhitung, belajar alfabet, membuat melodi, memecahkan teka-teki, melukis, menggambar, mewarnai, bermain dengan bayi hiu dan ikan, dan banyak lagi. 

Untuk apps ini Azkiya belum aku ajak bermain ini, karena belum mengerti. Untuk saat ini, aku ajarin dengan mengeklik instrumen, lagu dan suara. 


Kita bisa menggunakan applikasi untuk belajar yang menyenangkan daripada menggunakan applikasi untuk game lalu menjadi candu atau melihat YouTube malah menemukan hal yang tidak-tidak. Aku merekomendasikan untuk memberikan apps tersebut kepada anak, namun tetap juga kita mendampinginya atau anak-anak dalam pantauan kita ya Bu. Semoga bermanfaat :-)

Related Posts

There is no other posts in this category.

19 komentar

  1. Wah bagus informasinya, mbak. Sedikit menambahkan, app English for kids, juga bagus untuk yg mau belajar bahasa inggris. Lengkap dr level newbie sampai up lev.

    BalasHapus
  2. Lagu anak bagus ya kalo buat latih kosakata anak kayaknya nih

    BalasHapus
  3. Wah makasih infonya kaka langsung donlod duolingo dan octagon

    BalasHapus
  4. Nah iyaaa ... ini aplikasi untuk anak-anak yang baik. Anak-anak saya main robl*x, bahaya banget, karena mereka jadi kecanduan dan mainnya bareng orang-orang gede. Untungnya anak saya masih bisa saya pantau sih, tapi rencana mau saya offkan dia punya game yang unfaedah.

    BalasHapus
  5. Dunia digital itu bisa menjadi negatif atau positif, tergantung cara kita menggunakannya. Jadi semua itu kembali ke diri kita masing-mnasing ya Mba.

    Terima kasih loh atas rekomendasinya. Saya jadi tau beberapa aplikasi khusus anak-anak, jadi nggak sembarangan menggunakan gadget lagi.

    BalasHapus
  6. Memang sebaiknya orang tua mendampingi anak ya mbak ketika memilih aplikasi di handphone. Sekarang anak sepertinya sudah wajar memiliki handphone apalagi jika tujuan utamanya utk komunikasi dengan orang tua

    BalasHapus
  7. Anak-anak butuh hiburan juga ya Mbak. Orangtua harus memilihkan hiburan yang tepat. Aku sepertinya mau nyoba yang piano kids deh. Hehe

    BalasHapus
  8. Aku juga pemakai Dualingo Mba. Emang keren banget buat anak-anak. Bukan cuma anak-anak sih tapi orang dewasa yang baru mau mulai belajar juga cocok banget. Kalau boleh saran, aplikasi Let's read juga bagus Mba buat jadi wahana belajar anak-anak. :)

    BalasHapus
  9. Adik saya yang paling kecil ketagihan sama HP, kalau udah dapat HP dia mainnya game. Saya baru tahu kalau ada aplikasi Duolingo, kayaknya perlu diunduh nih

    BalasHapus
  10. Aplikasi edukasi ini ya Duolingo jadi bisa mengasah kemampuan motorik anak keren emang

    BalasHapus
  11. Anak saya mainnya Duolingo dan Pianokids mba. Hihihi. Lainnya belum pernah coba. Asiiiik dapat referensi abis baca ini. Terima kasih ya mba.

    BalasHapus
  12. Serba salah kalau melarang generasi alpha jauh dari gadget. Apalagi saat pandemi gini kebutuhan akan daring dan perangkat seperti smartphone adalah keharusan. Kita yang harus pandai dalam menyiasati apa saja yang bisa diakses anak.Nanti coba deh Duolingo dan aplikasi lagu anak-anaknya. makasih infonyaa mbaaa.

    BalasHapus
  13. Noted nih Mbak aplikasi belajar buat anak² yaa, Duolingo termasuk yg muncul teratas kl kita searching di Playstore yaa, pernah lihat

    BalasHapus
  14. Anakku lagi suka sama lagu anak-anak kak. Tiap ada yang nyanyi lagu yang dia kenal, dia suka merhatiin juga. Kalau dari internet, saya suka buka youtube dan memutar lagu lagu dari cocomelon

    BalasHapus
  15. Harus dikasih tau nih sama ponakanku untuk unduh aplikasi Duolinggo, orang tua memang harus tau ya aplikasi untuk anak zaman digital ini ya.

    BalasHapus
  16. wah penasaran sama piano kids dan dulinggonya nih mbak jamila, lebih bagus ada foto-foto tiap aplikasinya deh mbak biar kebayang hehe

    BalasHapus
  17. Wah masukan yang perlu dicatat. Megingat anakku suka mainan dan emaknya ini bingung mau kasih mainan model apalagi. Thanks kak. Ceki ceki dulu nih

    BalasHapus
  18. Anak generasi sekarang begitulah lahir2 udh berhadapan sama gadget mamanya. Tapi generasi skrg jauh lebih maju daripada zamanku, mereka biasa dgn zoom dan gmeet.

    BalasHapus
  19. Sekarang anak sepertinya sudah wajar memiliki handphone apalagi jika tujuan utamanya utk komunikasi dengan orang tua

    BalasHapus

Posting Komentar