Tips How to Start Building a New Business in the Digital Marketing

22 komentar


Dahsyatnya peluang bisnis online di Indonesia. Saking gedenya pasar online Indonesia, para pengusaha dari luar negeri datang ke Indonesia seperti Zalora dan Groupon. Dan betapa kagetnya, aku pernah menemukan sebuah website "Pawang hujan di Bali" dalam batinku sekeren itu ya pawang hujan ada websitenya. Selain itu yang lebih mengagetkan ada yang jualan tuyul online loh harganya gak tanggung-tanggung sebesar 9jt. Hah, terus aku mikir kalau ada yang beli tuyul, via pengirimannya gimana ya bu? Kirim lewat via JNE, J&T atau POS atau lewat udara ya? Ah entahlah.

Maksud yang aku sampaikan mengenai tuyul ini bukannya aku mengajak Ibu-Ibu untuk membeli tuyul. Namun, barang gak nyata aja bisa dijual online apalagi barang nyata misalnya barang yang bisa kita sentuh, pegang, jasa yang bisa kita nikmatin seharusnya lebih mudah untuk kita jual bukan?

Dari webinar digital financing for mom 101 yang diadain My Baby, Aku sekarang jadi lebih bersemangat belajar bisnis digital. Sebelum aku memulainya aku belajar dari buku. Buku-buku yang aku pelajari bahwa jika kita ingin memulai bisnis, mana nih yang lebih penting dari modal, tempat bisnis, pemasaran dan suplier?. Kalau aku pastinya menjawab modal, ya bagiku modal itu bisa aku gunain untuk membangun sebuah bisnis. Namun di dalam buku yang aku pelajari ternyata jawabanku itu salah, lalu jawaban yang benar adalah pemasaran. Pemasaran inilah ketika barang yang kita hasilkan berhasil diperjualbelikan. Nah, target pemasaran dapat kita nyatakan sukses jika barangnya banyak terjual.

Pernahkah Ibu-Ibu berbelanja misalnya beli laptop di toko A. Kebetulan di toko tersebut laptop gak ada, lalu ia menyuruh kita menunggu sebentar. Tak lama kemudian ia datang dan membawa garang yang kita inginkan. Ia pergi ke toko tetanggaya, membawa barang tersebut dan akhirnya kita membeli darinya. Dan toko yang kita beli tadi ia telah mendapat komisi karena menjualkan barang milik toko tetangganya. Alangkah pentingnya jika kita bisa mengetahui permintaan tersebut. Begitulah yang dimaksud dari pemasaran yaitu barang-barang yang dibutuhkan dari konsumen lalu kita telah memenuhi kebutuhannya kemudian menjualnya. Dari menganalisa pemasaran terlebih dahulu. Kemudian kita sudah menemukan kebutuhan-kebutuhan orang dari produk yang akan kita pasarkan. Bisa jadi itu laptop atau apapun, selanjutnya kita tinggal cari pembantu untuk memasarkannya.

Siapa yang mampu membuat lebih baik yang dibutuhkan oleh konsumen, lebih cepat, lebih nyaman, bisinisnya akan tumbuh menjadi lebih besar. Setelah menemukan market, kita harus bandingkan barang kita dengan pesaing kita meliputi harga, kuantitas, kualitas, pengepakan, pengiriman, kebergunaan dan lainya agar kita bisa menemukan keunggulan serta keunikan barang kita biar semua konsumen lebih tertarik kepada barang kita lalu membelinya dan kembali lagi ke barang kita untuk membelinya lagi, lagi dan lagi. 

Selanjutnya setelah itu semua terpenuhi, lalu kita memulai step by step untuk menguasai bisnis online. Misalkan bisnis online menjualnya di WA, IG, LINE, FB ataupun website semuanya boleh yang penting kita mendapatkan untung dan pemebeli yang akan kembali lagi kepada kita untuk membeli dan membeli lalu merekomendasikan kepada semuanya bahwa barang yang kita jual itu recomended banget.

Apa yang harus kita lakukan untuk bisnis online yang pertama pastikan barang kita mudah ditemui internet. Misalnya ada konsumen yang membutuhkan barang banyak sekarang konsumen yang di rumah karena sedang menerapkan PSBB . kita harus memastikan kehadiran bisnis kita tetap signifikan meskipun diinternet. Untuk mengetahui apa yang konsumen cari kita bisa gunakan google key word planner dan Ubber suggest ataupun SEO (Search Engine Optimization) agar bisnis kita selalu mudah ditemukan konsumen.

Kedua kita selalu memperbarui. Pastikan perbandingan barang kita dengan pesaing kita meliputi harga, kuantitas, kualitas, pengepakan, pengiriman, kebergunaan dan lainyya agar kita bisa menemukan keunggulan serta keunikan barang kita. Kita harus selalu memperbarui atau bahasa kerennya update pada aset digital kita misal dulu kita bisnis di WA dan IG lalu kita menambah juga di website kita pasti tidak mau jika pesaing kita selalu terdepan dalam memberikan pelayanan ataupun konten dalam aset digital yang mereka gunakan.

Ketiga kita harus mempermudah konsumen ketika transaksi secara digital kepada kita. Selalu upgrade pengetahuan kita mengenai dompet digital jaman now ya. Misal sekarang banyak yang pake Gopay jadi biar memudahkan konsumen untuk membayar secara digital kita juga harus punya dompet digital Gopay.

Nah diatas adalah cara apa yang harus kita mulai awal berbisnis lalu menjualnya secara digital atau online. Yuk mari Ibu-Ibu kita praktekkan bersama-sama.

Related Posts

There is no other posts in this category.

22 komentar

  1. Betul sekali kak dompet digital juga sangat penting banget bagi kita di awal berbisnis. Terkadang konsumen kita ada aja yang minta pembayaran via gopay hehehe

    BalasHapus
  2. Wah iya mbak, saya kira yang utama untuk dimiliki dalam membuka usaha adalah modal. Eh ternyata bukan ya...ternyata pemasaran yang penting. Tapi memang benar mbak, kalau pemasaran produk kita sudah jelas pastinya usaha kita akan lancar

    BalasHapus
  3. Bagu nih ibu-ibu yang kreatif memanfaatkan digital marketting untuk meningkatkan omset bisnis. Sukses selalu ya kak untuk bisnis kk jamilatul... :)

    BalasHapus
  4. Kayake semua emang harus go digital, kadang dari pelaku umkm nemu tips pemasaran digital yang udah teruji, paling g sukses mereka terapkan

    BalasHapus
  5. Aku pernah gitu kak. nyari sesuatu ke suatu toko A eh penjaganya malah pergi ke toko sebelah sambil bawa barang yang saya cari. Jadi mereka saling bantu ya. toko A dapet komisi, yang punya barang dapet untung karena barangnya terjual ya.

    BalasHapus
  6. Hal paling penting dalam bisnis yaitu pemasaran, kalau semuanya bagus tapi pemasaran nya gak bagus bagaimana caranya oranglain bisa memberi nilai yang bagus untuk bisnis kita.

    BalasHapus
  7. Sekarang transaksi semakin simpel. Dompet digital adalah salah satu alat paling baru dan bermanfaat buat kegiatan transaksi chasless. Harus punya.

    BalasHapus
  8. Wkwkwkwk, tulisannya menampar banget mba. Barang gak nyata aja didagangin ya, mosok yg nyata dan jelas-jelas bisa dijual gak bisa, ya? SEO menurut saya salah satu syarat utama kalo mau dagang online, apalagi via website.

    BalasHapus
  9. Salfok ama yang jualan tuyul. Tau gak sih mba, di shopee juga ada yang jualan es batu. Kebayang ngga sampe rumah jadi cair lagi hahaha. Ada yang jual udara Jakarta juga di plastik kiloan HAHAHA. Semua serba ada.

    BalasHapus
  10. Namanya marketing kayaknya emang udah jadi nyawa sebuah bisnis ya mba. Tanpa itu bisnis bakal harus direlakan untuk mangkrak huhu

    BalasHapus
  11. Saya juga awalnya mikir, kalau mau bisnis itu yang pertama harus dimiliki adalah modal. Punya uang berapa. Tapi ternyata, kini bukan lagi modal yang utama ya

    BalasHapus
  12. Baiklah, saya memberanikan diri untuk praktekkan hal ini. Yang penting ada niat. Sisanya akan mengikuti.

    BalasHapus
  13. Betul nih kalau mau memulai bisnis emang penting banget mengetahui cara pemasaran yang tepat. Ya nanti kalau udah jalan jadi lebih gampang, sangat membantu nih tipsnya untuk yang mau mulai berbisnis.

    BalasHapus
  14. Menyenangkan banget kalau bisa memanfaatkan teknologi untuk berjualan online. Karena jumlah penduduk Indonesia yang bisa mengakses internet sudah di atas 50% dari total populasi.

    BalasHapus
  15. Saya juga ternganga mbak br nemu blog yang bisnisnya memindahkan janin dari perut orang yang tidak ingin meneruskan kehamilan ke orang yang pingin punya anak. Tipsnya oke nih Kak pakai Google Keyword planner ya...noted

    BalasHapus
  16. Banyak hal butuh ilmu ya mbak. Begitupun dengan bisnis internet ini. Kudu pakai ilmu. SEO salah satunya, keren artikelnya mbak

    BalasHapus
  17. Wah iya, teknik dagang semacam itu sering juga saya temui kalo beli buku di lapak pasar senen, dulu banget. He-he. Jadi mereka tanya kebutuhan kita, dan mereka pasti selalu menjawabnya ADA. Setelahnya ada pegawai mereka yang muter nyari buku yang diminta sambil kita disuruh liat2 koleksi buku yang ada.

    BalasHapus
  18. semoga saya bisa disegerakan membuka usaha yang menggunakan dompet digita gopay. UMKM pasti terbantu banget ya dengan terobosan inovasi dari group gojek ini.

    BalasHapus
  19. Mwkkwwk, dagang goib sudah merambah online ya. Namanya juga trik digital marketing, karena itu calon konsumen memang kudu cerdas ya. Ngomongin soal dompet digital, jujur sih memang sangat terbantu dan dimudahkan

    BalasHapus
  20. kebetulan aku juga lagi merambah bisnis digital nih dan lagi belajar. termasuk mulai mencantumkan metode pembayaran digital

    BalasHapus
  21. Wah bermanfaat banget buat aku yang pengin memulai bisnis digital. Aku izin simpan dulu tipsnya kak biar gak ragu ragu lagi mau mulai bisnis.

    BalasHapus
  22. Bener banget, Kak. Sejatinya adalah kota akan selalu belajar hal baru ketika menekuni sesuatu. Termasuk dalan dunia bisnis digital ini.

    BalasHapus

Posting Komentar